Sabtu, 01 Juni 2013

FAUNA INDONESIA BAGIAN TENGAH

FAUNA INDONESIA BAGIAN TENGAH

Wilayah persebaran fauna Indonesia Tengah juga sering disebut dengan wilayah fauna Kepulauan Wallacea atau cukup fauna Wallacea saja. Selain itu juga sering disebut sebagai wilayah fauna peralihan, yaitu wilayah yang memisahkan antara wilayah fauna Indonesia Barat dengan wilayah fauna Indonesia Timur. Wilayah fauna Indonesia Tengah meliputi daerah:
1.     Pulau Sulawesi
2.     Pulau Timor
3.     Kepulauan Nusa Tenggara, seperti Flores, Sumba, Lombok Komodo dan pulau-pulau kecil disekitarnya.

Wilayah fauna Indonesia Tengah terletak diantara Garis Wallace dan Garis Webber. Garis Wallace memisahkan wilayah fauna Indonesia Tengah dengan Indonesia Barat. Garis Weber memisahkan wilayah fauna Indonesia Tengah dengan Indonesia Timur.

Beberapa jenis fauna yang hidup di wilayah fauna Indonesia Tengah antara lain :
1.     Mamalia, meliputi anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, beruang tarsius, monyet saba, kuda, sapi dan banteng.
2.     Reptil, meliputi biawak, kura-kura, buaya, ular dan reptil raksasa khas Indonesia yaitu komodo
3.     Amfibia, meliputi katak air, katak pohon dan katak terbang
4.     Berbagai macam burung, meliputi burung dewata (burung cendrawasih), maleo, mandar, raja udang, burung pemakan lebah, rangkong, kakaktua, nuri dan merpati.

Contoh yang baik untuk mendeskripsikan perbedaan fauna Indonesia Tengah adalah Pulau Sulawesi (Celebes) yang terpisah dari Kalimantan dan daratan asia oleh Selat Makasar yang dalam. Walaupun pada saat zaman es dimana permukaan laut sangat tinggi, Sulawesi tidak pernah benar-benar terhubung dengan Kalimantan. Sebagai info, dari jumlah total jenisnya, 62% mamalia, 27% burung, dan 76% amfibi yang ada di Sulawesi adalah hewan endemik. Contohnya terdapat beberapa hewan berkantung (marsupial) di pulau bagian timur,  namun tidak terdapat di Kalimantan yang ada di bagian barat Sulawesi. Hewan tersebut mencapai Sulawesi dengan cara melompat melewati jembatan daratan “land bridge” ketika zaman es.

Peta rute migrasi antara hewan Asia dan Australasia melewati pulau-pulau di daerah Wallacea selama rendahnya muka laut di zaman es (70.000-40.000 tahun lalu).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Leadership Quote of the Day

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Inspirational Quotes

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini